Welcome to my blog

Sebuah persembahan dari hati, oleh hati dan untuk hati.

Mengenai Saya

Foto saya
Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara.

Minggu, 06 September 2009

Glutamine, Cegah Sel Kanker Konsumsi Gula

Glutamine, Cegah Sel Kanker Konsumsi Gula
Penelitian terkini yang dilakukan peneliti asal Amerika Serikat berhasil mengungkap bagaimana menghentikan sel tumor dalam "memakan gula".


Salah satu perbedaan sel kanker dengan sel normal di sekelilingnya adalah pada bentuk metabolisme glukosa. Sejak tahun 1923, para ilmuwan telah mengetahui bahwa sel tumor mengonsumsi glukosa lebih banyak daripada sel normal.

Secara umum, kecepatan pertumbuhan sel kanker yang mencerminkan tingkat keganasannya sebanding dengan tingkat konsumsi glukosa. Penelitian yang dilakukan para ahli dari AS ini berhasil mengungkapkan bagaimana proses itu berlangsung.

"Pada dasarnya, jika Anda tidak punya glutamin, maka sinyal sel akan berhenti karena kekurangan glukosa dan akhirnya akan menekan pertumbuhan sel kanker," kata Ayer yang penelitiannya dipublikasikan dalam situs jurnal ilmiah Proceedings of the National Academy of Sciences.

Langkah selanjutnya dari penelitian ini adalah mengembangkan hewan percobaan untuk menguji teori tentang protein MondoA dan gen yang disebut TXNIP dalam mengontrol pengambilan glukosa oleh sel. "Bila kita bisa memahami hal ini, maka kita akan memutus siklus penggunaan glukosa yang sangat bermanfaat untuk pengobatan kanker,"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar